Minggu, 07 November 2010

Indonesia


Saya adalah orang Indonesia yang sekarang tinggal di China untuk kuliah, Masih ingat masa SMA dimana guru mandarin mengajukan pertanyaan dalam bahasa mandarin :
你是哪国人?” “ Ni shi na guo ren?(kamu orang mana?)
Guru saya menanyakan ke setiap murid kelas yang berjumlah 40 orang, satu per satu.
Ada yang menjawab: 我是美国人。” “ Wo shi mei guo ren .” (saya orang Amerika)
Ada juga yang menjawab: 我是印尼华侨。” “Wo shi yinni huaqiao (saya keturunan Tionghoa Indonesia).
Guru saya berkata semua jawaban kurang tepat.
Jawabannya adalah: 我是印尼人。” “ Wo shi yinni ren.” (saya adalah orang Indonesia).
Terus terang waktu itu saya hanya bisa tertawa mendengar jawaban guru itu. Padahal dia adalah keturunan Tionghoa. Saat itu nasionalisme dalam diri saya bener-bener kurang. Saya merasa keturunan Tionghoa adalah orang China bukan orang Indonesia. Merasa diri sendiri lebih tinggi , Hal ini adalah hal yang salah.
Seiiring bertambahnya umur dan pengalaman, saya mengerti bahwa saya lahir di Indonesia, kewarganegaraan saya adalah Indonesia. Saat saya sampai ke China untuk kuliah, setiap orang yang bertanya pada saya tentang kewarganegaraan saya. Saya dengan bangga mengatakan bahwa saya adalah orang Indonesia. Dari sini saya mulai menyadari betapa berharganya Negara Indonesia, Ibu Pertiwi kita. Apapun kekurangan yang dimiliki Indonesia , apapun masalah yang terjadi di Indonesia, saya mau mendukung Indonesia. Saya yakin Indonesia akan mengalami perubahan menjadi Negara baru yang berkembang.
      Akhir-akhir ini Indonesia lagi-lagi dilanda bencana. Gunung Meletus, gempa bumi, bahkan banjir. Tapi saya yakin dan percaya Indonesia adalah Negara yang dipilih oleh Tuhan. Bangsa yang dipilih Tuhan. yakinni itu. Bencana-bencana yang terjadi, kejadian yang tak mengenakkan akan Tuhan ubah menjadi rencanaNya yang indah dan sempurna buat Indonesia. Biar dari sini hujan pertobatan turun atas Indonesia, biar setiap orang-orang dapat dipulihkan lagi untuk memuliakan Tuhan.

Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.” Kisah Para Rasul 28:27

      Saya sangat sedih melihat masalah dan goncangan yang terus dihadapi Indonesia, Kita harus terus mendukung doa buat Indonesia, Negara tercinta kita. Biar kita anak Tuhan terus memiliki iman buat pemulihan Indonesia. Pemulihan yang dari Tuhan. Biar lewat iman kita Tuhan akan menyembuhkan Indonesia. memulihkan Indonesia. Biar kita tetap bersyukur untuk rencana Tuhan buat Indonesia, bersyukur terus. Berkat pasti akan turun atas Indonesia, biar Kemuliaan Tuhan nyata ada. Indonesia pasti pulih dari semua problemanya. Biar Indonesia dapat hidup dalam jalan kebenaranMu, memancarkan terang kemuliaan Tuhan ke bangsa-bangsa. Biar tiap pulau-pulau muncul puji-pujian yang memuliakanMu biar setiap bangsa dapat mendengar NamaMu ditinggikan dan dimuliakan oleh Indonesia.

Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.” Kisah para Rasul 10:35



2 komentar: